DEPAPEPE at JGTC36th

1 Desember 2013

Hari yang gue tunggu-tunggu akhirnya datang juga.

Jazz Goes To Campus Festival ke 36 di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Bela-belain pulang ke Jakarta sampai bolos kuliah hari Senin demi nonton salah satu musisi yang gue idolain selama ini..

DEPAPEPE

Bagi yang belum tau siapa itu mereka, bisa googling dulu atau dengerin beberapa lagunya, hehe..

Gue sampai di UI kira-kira jam 4an. Di situ, gue langsung sms temen SMA gue, Lian. Tiket gue di dia. Ternyata dia baru sampai di kosannya dan baru mau ke UI 30 menit kemudian. Huft... jadinya gue nunggu seorang diri. Sambil nunggu, gue mikir buat ambil uang untuk beli merchandise DEPAPEPE. Karena katanya mereka bawa merchandise langsung dari Jepang buat dijual di JGTC. Setelah ngambil uang, gue balik lagi ke gate. Gue jalan terus sampai hampir deket ke tempat cap tangan, eh tiba-tiba gue dipanggil sama seseorang. Ternyata temen SMA juga. Yulia & Ikal. Thanks God jadinya gue ga garing dan langsung nimbrung sama mereka.

Gue ga tahan nunggu Lian. Terus, gue sama Yulia memutuskan untuk ngantri. Di antrian, gue berkali-kali sms dan nelpon Lian nyuruh dia buat cepetan. Akhirnya Lian datang juga. Langsung deh kita ngelewatin rangkaian pemeriksaan dan cap tangan terus masuk..


foto sama yang palsu dulu :p

Masuk area udah sekitar jam 5. Jadwalnya Raisa lagi manggung di Stage BCA. Kebetulan Raisa sama DEPAPEPE panggungnya sama. Jadinya gue sama Lian ke stage itu deh. Pas datang ke stage-nya....

Penuh banget parah ga boong..

Penuh, padat, parah.

Tapi gue udah berniat buat nonton DEPAPEPE di barisan paling depan. Cuma itu penuh banget ga boong.

Perlahan dengan setengah ragu setengah pasti, gue dan Lian menerobos lautan manusia. Terus berhenti gitu di satu titik, masih di area belakang. Masih sangat jauh dari tujuan gue di barisan paling depan deket panggung.

Kita berhenti karena Lian ga kuat.

Gue langsung agak putus asa. Sebagian dari hati gue bilang untuk ga usah maju ke depan daripada ninggalin temen. Sebagian lagi bilang tinggalin aja dan harus ke depan karena lo udah maju sampai sejauh ini.

Gue memilih jalan tengah.

Gue nungguin Lian dapet temen (entah Yulia atau siapa) baru gue bakal maju sendirian ke baris depan. Menunggu.. menunggu.. dan menunggu...

Sampai akhirnya, Lian malah memutuskan..

“Ayo, Bel kita ke depan..”

Kaget gue.

“Hah? Serius nih beneran gapapa?”

“Iya, ayo..”

“Ok.. bener ya?”
“Iya..”
“Ok.. kalo gitu lo pegangan sama gue. Jangan dilepas!”

Dengan penuh perjuangan, kita menerobos para manusia. Gue ngikutin cowok di depan gue yang mau jalan ke depan juga. Gue tetep ngikutin dia dengan Lian tetep pegangan di belakang gue.

Sesek, kehimpit orang di kiri kanan yang lebih tinggi dari kita. Sekali-sekali gue bilang ke Lian buat dongak dan ambil nafas biar ga pingsan. Kaki kita nginjek kolam-kolam yang muncul karena hujan.

Di tengah perjalanan menuju ke depan, hujan turun. Raisa masih nyanyi. Tau lagunya apa?

Firasat.

Apalah Arti Menunggu.

Kurang galau apa men..

Sampai Raisa selesai nyanyi, gue sama Lian belum sampai ke depan. Raisa keluar, MC masuk, ngomong sana-sini bercanda segala macem, barulah kita sampai di depan. Ga di depan banget sih, ada jarak 2-3 orang di depan kita. Tapi itu udah lumayan banget dibanding waktu kita masuk tadi. Berdiri pun ga senyaman itu, karena itu padet banget dan harus nahan badan biar ga jatuh.

Terus, masuklah grup musik yang bernama Kulkul. Jujur, gue tau Kulkul baru itu. Anggotanya ada 9 orang: 1 pemain bass, 1 pemain gitar, 1 pemain drum, 1 pemain keyboard, 1 pemain biola, dan 4 pemain alat musik tradisional (gamelan dan gue lupa yang lainnya namanya apa). Mereka sama kayak DEPAPEPE, lagunya ga pake lirik. Jadi, alat musik doang gitu. Dan mainnya tuh baguuuusss banget! Mereka bisa ngegabungin semua alat musik itu jadi padu dan enak didenger. Mainnya penghayatan banget. Aaaaaa... keren men.. Nonton mereka jadi ga sekedar mengisi waktu buat nungguin DEPAPEPE, tapi gue dikasih referensi musik baru dan melihat kolaborasi alat musik yang belum pernah gue liat sebelumnya. Salut buat Kulkul!
Kulkul

Selesailah penampilan apik dari Kulkul. MC kembali masuk. Sembari mereka ngomong, crew-nya DEPAPEPE udah mulai siap-siap di panggung. Checksound sana-sini. Ngeceknya lama banget. Gitarnya ga nyala-nyala entah kenapa. 

Sampai akhirnya.... ada yang masuk buat ikutan checksound..

Toku dan Miura

Aaaaaaa.... gila gila gila... Semua orang teriak. Padahal belum waktunya mereka tampil. Padahal mereka masuk cuma buat checksound, tapi teriakannya udah kayak mereka lagi beneran tampil.

Dari yang cuma “jrengjreng” ngasal tapi keren, sampai akhirnya mereka checksound dengan mainin lagu 'Summer Parade'.

Aaaaa.... Rasanya checksound itu udah kayak penampilan bonus aja!

Selesailah checksound yang entah kenapa lama banget, gue juga ga ngerti. Tapi gapapalah, toh yang nge-check DEPAPEPE ini :p Trus, mereka keluar panggung. Lampu mati. 

Saatnya penampilan yang sesungguhnya..

Jengjengjeng....

Mereka masuk diiringi sebuah lagu dan antusiasme penonton lewat teriakan juga tepuk tangan. Sampailah mereka di tengah dan memberi hormat. Ini salah satu yang gue suka dari mereka, tetap dengan budaya memberi hormat walaupun mereka itu artis. Total lagu yang dimainkan mereka ada 9 lagu.

‘Spur’ jadi lagu pembuka penampilan mereka. Dengan background animasi salju, Toku dan Miura mulai memainkan jemari mereka di atas senar. Intro yang menjadi ciri khas lagu ini membuat penonton ikut bernyanyi walau tidak ada liriknya. “Lalalala” berkumandang.  Gue juga jadi lemes padahal baru denger intronya doang. Lalu, muncullah kembang api dari atas atap stage yang membuat penonton bersorak gembira. Meski masih ada sedikit masalah pada sound, namun permainan mereka tetap mengesankan.

Lagu kedua adalah ‘Union’. Track pertama dari album terbaru mereka “Acoustic & Dining”. Lagi-lagi gue dibuat lemes oleh intro. Setiap mereka mainin lagu selanjutnya, gue pasti ngasih tau Lian judul lagu yang sedang dimainkan. Kadang juga, gue ngasih tau info tentang lagu itu. Dari album mana, di bagian mana yang bagus, dsb.

Selesai lagu kedua...

Miura: “Having fun?” 

Penonton: “YESSS...”

Saat itu juga, masuklah lagu ‘FLOW’. Aaaaaaa... seneng banget gue! Soalnya, ini salah satu lagu DEPAPEPE favorit gue! Kalo lagi dengerin di hp atau laptop pakai headset, waduuuuh... bikin pengen jingkrak-jingkrak banget! Dan hari itu gue mendengarnya secara langsung meen!! Mereka juga mainnya seru banget gitu... Aaaaa keren banget!!

Selesailah lagu ‘FLOW’.

“Tokuuu...”

“Miuraa...”

Teriakan para wanita berkumandang.

Di sinilah... Miura... ngomong...

Miura: “Aidomo DEPAPEPE ne..!” (correct me if I'm wrong)

Penonton: “AAAAAA....”

Miura: *ngambil kertas* *baca* “Indonesia...”

Penonton: “YAAAA.....”

Miura: “Anda siap?”

Penonton: “YAAAA.....”

Miura: *megang dada* *tarik nafas* *tegang banget mau ngomong* “Lama... tak... berjumpa.....”

Penonton: “AAAAAA.....” *seneng banget Miura ngomong dalam bahasa Indonesia :D*

Miura: “Saya... kangen... kalian...”

Penonton: “AAAAAA.....”

Miura: “Nama saya Miu.. nama saya... eh oh no no no..”

Penonton: “Haha..”

Miura: “Nama saya Miura..”

Penonton: “AAAAAA.....”

Miura: “Thank you. And he is Yoshinari Tokuoka..” *dilanjutkan dengan memperkenalkan keyboardist dan drummer* “We are DEPAPEPE from Japan.”

Penonton: “AAAAAA.....”

Miura: “We are *...ga tau apa...* to come to Indonesia.”

Penonton: “AAAAAA.....”

Miura: “And happy to be here now...”

Penonton: “AAAAAA.....”

Miura: “...for Jazz Goes To Campus Festival..” *tersengal-sengal* “Hope you will enjoy our show..”


Gue: “Yes, of course!”

Lian: “Iya, of course bener banget lu.”


Kasian banget ngeliat Miura ngomong, susah banget kayaknya. Grogi banget doi ngomong pakai bahasa Indonesia. Tapi seneng sih karena dia udah usaha gitu mau nyenengin kita dengan pakai bahasa yang kita ngerti :3

Miura: “Drink time..” *Miura dan Toku minum*


Abis itu...


Miura: “DEPAPEPE... cinta... Indonesia...”

Penonton: “AAAAAA.....”

Gue *dalam hati* iya, kita juga cinta kamu..

Miura: “Aishuu Violet..”


Langsunglah ‘Aishuu Violet’ dimainkan dengan mantap! ‘Aishuu Violet’ langsung disambung dengan ‘KATANA’ dan ‘Lahaina’. Cara mereka main itu bikin pengen joget banget. Tangan juga rasanya gatel pengen ikut bertepuk. “nananana..” “lalalala..” taratara..” juga keluar dari mulut. Iya.. gimana ya abis lagunya ga pakai lirik. Jadi ‘nyanyi’nya gitu deh. Permainan mereka bener-bener bikin lemes banget! Jarinya itu cepet banget pindah-pindah.. Sesekali orang juga bersorak di bagian yang emang klimaks dan nyesss banget! Haha maaf ya bahasa gue aneh, bingung juga jelasin nyessnya itu gimana -_-

Selesai lagu ‘Lahaina’... lampu mati.

Toku: “One.. two.. one..”

“tong teng teng tong teng tong tong teng teng tong teng tong” *intro lagu ‘START’ ceritanya*

Penonton: “AAAAAAAAAAAA......”



‘START’ ini lagu yang udah familiar banget. Sering jadi background music acara-acara tv. Semua orang udah tau gitu. Jadi, begitu denger intronya ya langsung deh semua teriak girang. Ga nanggung-nanggung, kita semua nyanyi dari awal sampai akhir lagu. Toku dan Miura mukanya seneng gitu ngeliat kita antusias banget nyanyinya. Emang ‘START’ nih lagu sepanjang masa banget dah! Padahal, ‘START’ tuh lagu dari album pertama mereka: “Let’s Go” di tahun 2005. Kebayang kan betapa lamanya lagu ini? Udah 8 tahun, tapi masih tetep enak (banget!) didengerin sampai sekarang..

Selesai ‘START’, langsung disambung ‘ONE’. Waaaah parah... keterlaluan sih ini bikin susunan lagunya parah banget bikin senangnya... Ga bisa berhenti nyanyi meeen... ‘ONE’ juga salah satu lagu yang udah familiar. Jadinya semua orang ikut nyanyi dengan senangnya..

Abis itu.. udah deh.. Toku sama Miura meletakkan gitar di tempatnya dan mereka mau turun dari panggung. Ceritanya mau udahan gitu.... :(

Penonton: “WE WANT MORE! WE WANT MORE! WE WANT MORE!”

Terus mereka memutuskan untuk balik lagi dan ngasih kita satu lagu lagi sebagai penutup. Gue ga tau adegan mau turun dari panggung itu pura-pura atau emang beneran haha.. Bisa aja sengaja bikin kita penasaran.. :p

Mereka balik lagi ke tempat manggung bawain lagu terakhir, yaitu....

Yupp, tentu sajaaa, lagu yang dibawain pas checksound: ‘Summer Parade’. Di lagu aslinya, ada bagian yang emang diisi nyanyian orang. Gue seneng banget mereka bawain ini. Biasanya, gue nonton mereka bawain lagu ini lewat video. Trus, seneng ngeliat penontonnya bisa ikutan nyanyi di bagian yang emang musti diisi sama suara orang.

Dan hari itu, gue menjadi salah satu penonton yang ikutan nyanyi Summer Parade secara langsung.

Asik bangeeeeeetttt!!!

Penampilan mereka hari itu ditutup dengan foto bersama.. 
photo from DEPAPEPE's crew
Selesai DEPAPEPE tampil, langsung sepi men! Jalan keluar padet banget. Gue sama Lian mencari jalan untuk hunting DEPAPEPE. Gue udah niat banget mau minta foto dan tandatangan.. Gue ngeliat ada segerombolan orang bawa gitar, pasti mau minta tandatangan! Jadi gue ikutin aja terus. Singkat cerita, akhirnya kita bisa foto bareng dan dapet tandatangannya DEPAPEPE! Seneeeeeeeng..... :D
nunggu dapet foto dan tandatangan


tandatangan Toku (maaf ga terlalu keliatan)


tandatangan Miura (maaf ga terlalu keliatan lagi .__.v)

Kaki pegel. Badan remuk. Rambut lepek. Baju dan tas basah. Semuanya terbayarkan dengan penampilan luar biasa dari DEPAPEPE. Dapet bonus foto dan tandatangan pula. Gue ga jadi beli merchandise mereka, dan uangnya gue pakai buat pulang naik taksi saking capek dan ga ada lagi kendaraan :\

Kalau sekarang ditanya:


"Kok bisa sih dapet foto dan tandatangannya?"

Gue juga ga ngerti kenapa bisa. Tapi gue tau jawabannya...

Karena Tuhan udah baik banget! Baiknya baik banget! Dari akhir Oktober sampai hari H, gue selalu berdoa supaya bisa nonton paling depan, terus bisa foto bareng dan dapet tandatangannya DEPAPEPE. Ternyata Dia kabulkan. Perjuangan nyusup di antara padetnya orang, sampai bolos kuliah, ga sia-sia. “Ora et Labora” (berdoa dan berusaha) itu emang bener men! Kesannya lebay banget ya ginian aja gue doain. Abis gimana dong.. pengen banget sih.. Lagian, ga ada salahnya juga kan menyerahkan segala sesuatu ke dalam tangan Tuhan? Walau untuk hal sepele sekalipun. Kadang Tuhan juga ngasih berkat dan sukacita dari hal-hal kecil yang ga ada di pikiran orang, bukan dari hal-hal besar dan prestigious yang didambakan semua orang. Pokoknya, gue bener-bener makasih banget sama Tuhan. Saking bersyukurnya, gue ga tau mau bilang apa. Karena ‘Terima Kasih’ aja ga cukup men..

Minggu pertama di bulan terakhir 2013. Membuka Desember yang ceria dan penuh harapan.

DEPAPEPE... Arigatou gozaimasu! Anata wa sugoi ne! Mantap!

Sorry for long post. Trims! :)

#np DEPAPEPE  - いい日だったね。 (It was a Good Day)
  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Terima Kasih, Tuhan, karena Aku Orang Susah

Alunan Petik Sang Dawai

Segala Sesuatu Ada Waktunya